Sabtu, 09 Januari 2016

WARMING

Yang Harus Dihindari Oleh Blogger Baru

1. Jangan Nge-Blog dengan Hal-hal Yang Tidak Disukai
Niche atau ceruk adalah pemilihan kata khusus atau sekumpulan kata khusus yang spesifik untuk menjangkau taget pasar internet (internet marketing). Contoh, saya menggunakan sekumpulan kata spesifik "celana dalam levis untuk para bikers". Sekumpulan kata tersebut merupakan sekumpulan kata unik yang memiliki target khusus, maka sekumpulan kata unik tersebut dikenal dengan istilah niche keyword. Banyak sekali para blogger yang baru belajar tentang dunia blog membaca-baca kisah orang lain yang telah sukses, kemudian mereka terkontaminasi dengan apa yang dibahas oleh mereka, sehingga mereka berusaha mengikuti jejak blogger sukses tersebut sampai dengan topik artikel yang ditulisnya, seakan mereka ingin seperti blogger sukses favoritnya dengan cara mencontoh topik-topik yang mereka bahas, walaupun menghasilkan topik artikel yang mirip namun harus diingat titik berat artikel blog yang kita kelola. Mengikuti langkah mereka membangun blog bolehlah sama, namun topik yang dibahas janganlah terlalu memaksakan diri hampir sama dengan blogger sukses. Carilah topik artikel yang benar-benar anda kuasai, karena topik yang anda sukai bahkan (lebih bagusnya) jika itu adalah hobi anda akan menghasil niche keyword yang lebih baik tanpa kita sadari. Jauhkan kepentingan anda untuk menjadi blogger sukses dalam sekejap, lebih fokuslah pada subjek yang akan anda tulis. Hindari menulis hal-hal yang tidak anda sukai, karena itu akan menjebak cara berfikir anda, yang pada akhirnya akan kehilangan topik bahasan, lebih parahnya lagi berhenti menulis. Terbengkalailah blog yang sudah susah payah dibuat.

2. Jangan Terobsesi dengan Jumlah Pelanggan (Subscriber)
Tolok ukur paling umum untuk menentukan sebuah blog besar adalah jumlah pelanggan artikel dari blog tersebut. Namun jangan sampai kita terjebak dengan jumlah pelanggan. Tetaplah bangun blog hingga memiliki basis atau jumlah artikel yang semakin banyak sehingga dengan sendirinya jumlah pelanggan blog anda juga akan terus bertambah. Hal yang paling berbahaya adalah terjebak dalam hitungan jumlah pelanggan, padahal sang pemilik blog saja merasa tidak percaya diri dengan apa yang dibahas pada blognya atau bahkan blog tersebut hasil contek sana contek sini. Pertama; Ingatlah bahwa kita tidak bisa memaksa seseorang untuk berlangganan, kita tidak bisa mengendalikan situasi seperti itu, yang pada akhirnya kita frustasi dengan blog sendiri. Kedua; Pelanggan setia itu lebih berharga walau berjumlah sedikit karena mereka dengan seksama dan akan membaca artikel yang telah kita tulis dengan teliti sehingga mampu memberikan input pada penulis blog, sedangkan pelanggan biasa itu jarang atau tidak pernah membaca postingan yang sudah kita buat. Sehingga untuk memberi gambaran seberapa besar blog dengan melihat jumlah pelanggan yang sudah berlangganan adalah hal yang harus dihindari. Banyaknya jumlah pelanggan bahkan membuat sang pemilik blog menjadi terjebak dengan angka hingga membuatnya lupa akan topik utama dari blog yang dibuat. Fokuskan untuk menemukan pembaca yang aktif dan tingkatkan komunikasi dengan mereka, bukan hanya melalui daftar pelanggan saja.

3. Jangan Melewatkan Koreksi Artikel
Mengkoreksi artikel mungkin salah satu hal yang membosankan, namun hal ini adalah wajib. Kita mungkin bisa saja membiarkan kesalahan yang ada di beberapa bagian artikel kita, tetapi kesalahan yang dibiarkan tersebut akan mengalihkan pembaca setia dan bahkan meninggalkan artikel-artikel kita. Jika bahasa Inggris bukanlah bahasa utama anda sedangkan artikel dibuat untuk pembaca internasional berbahasa Inggris, rajin-rajinlah untuk mempelajari susunan kata yang baik. Edit dan koreksi artikel setelah menulis dan sebelum diterbitkan. Jika anda berdua, penulis dan editor, berikan rentang waktu sekitar satu jam antara menulis dengan mengkoreksi artikel. Buatlah salinan dari versi aslinya dan periksa ejaan serta tata bahasa pada artikel yang akan dan telah diterbitkan.

4. Jangan Abaikan Desain
Banyak blogger meremehkan pentingnya desain. Setiap pengunjung yang baru pertama kali singgah secara keseluruhan akan memperhatikan tampilan dan nuansa blog. Tiga atau empat widget yang penuh sesak pada sidebar dan kurang berguna justru akan membingungkan pengunjung. Pengunjung biasanya akan tinggal cukup lama jika mereka merasa nyaman dengan desain blog yang kita buat. Kombinasi warna yang nyaman di pandang mata adalah faktor penting lainnya dari sebuah desain blog. File gambar bisa meningkatkan penampilan blog, namun menambah beban load halaman. Blog terlalu berat juga menjadi masalah untuk pengunjung, terutama bagi blog yang baru mulai tampil didunia maya.

5. Jangan Menulis Tidak Beraturan
Kunci kesuksesan seorang blogger adalah teratur dan konsisten pada artikel blog. Banyak sekali blogger yang begitu bersemangat menulis pada awal kemunculan blognya namun setelah itu frekwensinya menurun hingga akhirnya tidak teratur. Itu membuat pembaca blog anda perlahan tapi pasti rontok satu persatu. Buatlah master plan dan jadwal, kemudian terbitkan secara teratur.

6. Jangan Mudah Menyerah
Kesabaran adalah faktor yang sangat penting bagi seorang blogger. Semua orang pasti ingin mendapatkan uang secara online dengan cepat, dan mungkin anda pernah melamun mendadak kaya dalam semalam. Jika anda blogger pemula atau bahkan calon blogger, menjadi seorang blogger itu tidak semudah membalik telapang tangan. Dibutuhkan kerja keras dan kesabaran, karena blogger yang sukses dalam semalam itu hampir tidak ada jika tidak disebut jarang. Jangan mudah menyerah...!

7. Jangan Periksa Statistik Terus Menerus
Statistik lalu lintas bisa saja menjadi candu dan hal tersebut bisa menggelincirkan blogger kedalam kebiasaan kompulsif untuk terus menerus memeriksa statistik lalu lintas sehingga lupa dengan topik yang harus di bahas. Memeriksa statistik setiap beberapa jam tidak akan mengubah hasil statistik secara signifikan terhadap blog. Buatlah jadwal khusus untuk memeriksa statistik blog, bisa sehari sekali, seminggu sekali atau waktu-waktu lain yang sudah ditetapkan. Dan juga kita bisa saja menyisihkan waktu sebulan sekali dengan jumlah jam yang lebih banyak lagi untuk menganalisis blog lebih mendalam sehingga kita mampu mengambil suatu kesimpulan lebih bagus lagi dalam peningkatan kualitas blog.

8. Jangan Mengejar Lalu Lintas (Traffic) Sosial Media
Sosial media memang bisa mendatangkan dan meningkatakan lalu lintas ke blog, tetapi bisa saja hal tersebut akan menjadi gangguan besar. Terlalu sering bermain-main dengan sosial media justru akan membuat anda lupa tujuan awal membuat blog yang pada akhirnya lupa pula untuk menuliskan artikel pada blog. Ingatlah bahwa artikel adalah raja, yang merupakan aset utama dan yang paling bertanggung jawab untuk meningkatkan lalu lintas blog. Pastikan bahwa anda membagikan pekerjaan hanya yang terbaik untuk sosial media, dan perhatikanlah kehebatannya.

9. Jangan Jadi Pecandu Jejaring Sosial
Jangan jadi pecandu jejaring sosial. Sebagian besar dari kita (blogger) menjadi sangat kecanduan dengan jejaring sosial. Jauhkan Facebook, Orkut, Twitter dan jejaring sosial lainnya saat kita sedang bekerja. Matikan semua instant messenger dan gunakanlah jika memang diperlukan. Menetapkan waktu blogging sangat membantu kita meningkatkan kualitas artikel.

10. Jangan Termanjakan Feed dan Forum
Forum dan RSS Feed adalah cara terbaik untuk mengetahui perkembangan terbaru, sehingga kita bisa memantau pelanggan melalui feed tentang artikel yang sudah kita tulis. Namun banyak blogger menghabiskan waktu setiap harinya hanya untuk menelusuri feed yang sebenarnya tidak menarik untuk di bahas. Akan lebih baik kita hanya berlangganan melalui feed dan menelusurinya setiap bulan dan singkirkan hal-hal yang tidak perlu untuk dibaca, jangan biarkan kita menghabiskan banyak waktu setiap harinya. Demikian pula dengan forum, forum besar akan membantu lalu lintas blog kita namun kita tetap harus berhati-hati, karena bisa saja kita terjebak didalam forum tersebut yang akan menghabiskan waktu dalam berpartisipasi. Forum juga bisa saja menjadi candu, terutama jika sering mendapatkan email pemberitahuan tentang balasan dari orang lain pada postingan anda. Tetap atur kunjungan forum sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat dan aktifkan notifikasi email untuk hal yang penting saja. Berhentilah berlangganan setelah topik-topik atau pertanyaan-pertanyaan anda mendapat tanggapan yang memuaskan.

11. Jangan Berkomunikasi Secara Tidak Teratur
Berkomunikasi dengan blogger lain (misal; blogwalking) adalah bagian penting dari kegiatan blogging, namun banyak orang kemudian terjebak dengan asyiknya kegiatan ini hingga akhirnya menghabiskan banyak waktu. Tetap organisir dengan baik untuk memeriksa email-email yang masuk kedalam inbox. Kategorikan jenis email yang kita terima dan buatlah template tanggapan untuk mereka, atau buatlah sebuah halaman FAQ (Frequently Asked Questions) secara rinci. Kelola kotak masuk dengan efisien dengan menggunakan folder. Periksalah email dua kali sehari dan kita pun tidak perlu menganggapi setiap email yang diterima.

12. Jangan Toleransi Plagiarisme
Kita bisa bebas untuk mengunjungi blog favorit kita, kemudian membaca artikel yang disajikan untuk memperoleh inspirasi, namun jangan di copy paste. Artikel yang kita buat haruslah asli jika kita ingin dikenal. Orang yang ingin serius menggarap blognya harus memperhatikan bahwa menyalin kemudian menyisipkan artikel orang lain secara acak itu justru akan membuat anda tidak mendapat pengakuan dari kalangan pembaca dan pastinya akan sulit untuk mencapai sukses dengan kebiasaan menjiplak dan atau me-repost artikel orang lain. Melakukan penelitian secara menyeluruh untuk menghasilkan artikel berkualitas tinggi dan unik akan membuat blog anda memiliki kelas tersendiri, hal ini juga akan membuat anda menjadi seorang yang unik dengan gaya yang unik pula.

13. Jangan Mengurangi Tujuan
Ketika seseorang gagal ngeblog, sering kali karena mereka tidak mempunyai tujuan yang jelas. Menetapkan tujuan yang jelas dan realistis sangat berguna karena hal tersebut merupakan motivator hebat bagi seorang blogger. Apakah tujuan anda membuat blog adalah mendapatkan sejumlah pengunjung, komentar, iklan atau apapun itu, memiliki tujuan yang jelas membuat kita mampu berbagi waktu dari rutinitas tugas yang berjubel.

14. Jangan Menulis Hal yang Terlalu Pribadi
Setiap blogger memiliki kehidupan pribadi, kehidupan yang jauh dari dunia blog, dan itu bukanlah hal yang jelek. Namun ingat bahwa sebuah blog bisnis bukanlah buku harian, dan artikel yang anda buat itu harus singkat, padat dan jelas. Kita harus mengingat bahwa pembaca meninggalkan hal-hal yang tidak menarik bagi mereka. Ketika kita harus menulis tentang kehidupan pribadi, pintar-pintarlah memilah dan memilih dari sisi mana kita harus menarik garis.

15. Jangan Hanya Berbagi Berita
Jika blog anda mempunyai lalu lintas yang tinggi dan mantap, anda bisa saja menulis dan menerbitkan artikel tentang berita yang anda ketahui dengan baik untuk meningkatkan lalu lintas blog. Namun jika blog anda memiliki lalu lintas yang rendah dan sedikit maka hindari artikel yang terfokus pada berita, karena hal tersebut bisa saja membuat pengujung tidak bertahan lama pada blog anda, karena blog berita akan mendapat saingan yang cukup berat dari blog raksasa seperti Tempo, Kompas, Detik, dan beberapa blog besar lainnya. Blog-blog tersebut tentunya melakukan pekerjaan dengan serius, benar dan efisien. Ciptakan keunikan pada blog anda untuk membedakan dengan blog orang lain, anda bisa saja memilih rute atau alur yang berbeda dengan blog lain pada umumnya.

16. Jangan Nyepam
Jangan menyebarkan link blog sendiri ketika anda berkunjung pada blog orang lain, dan hindari menjadi komentator pertama di setiap posting pada blog yang memiliki lalu lintas rendah. Hindari juga membalas setiap komentar pada blog sendiri.

17. Jangan Pasang Iklan di Mana-mana
Beberapa blogger membuat kesalahan dengan berfikir bahwa mereka dapat dengan seenaknya memasang iklan dimana-mana pada blognya dengan harapan mampu meningkatkan pendapatan melalui iklan. Dalam kenyataan hal ini justru sebaliknya, bahkan hal yang sangat merugikan salah satunya mempengaruhi kualitas SEO. Terlalu banyak iklan pada blog tanpa disadari akan menganggu pembaca dan atau justru mengusir mereka. Jangan buang-buang waktu anda dengan meyakinkan pembaca akan sebuah produk dengan menuliskan artikel-artikel atau deskripsi dengan kata-kata bohong atau licik. Minimalkan pemasaran affiliasi dan pembaca akan setia pada blog anda.

18. Jangan Biarkan Ide Menghilang
Manusia adalah makhluk dengan berbagai keterbatasan, salah satunya keterbatasan memori. Ide datang dan pergi begitu cepatnya dari dalam memori kita, maka perlu sekali bagi seorang blogger untuk menuliskannya jika ia tiba-tiba menemukan ide yang menarik untuk diangkat sebagai tema artikel. Jangan andalkan memori anda. Siapkan draft posting dengan sebaik-baiknya, sebagai tindakan preventif ketika ide tiba-tiba hadir dan mengalir seperti air.
Thanks to Okie Jack atas motivasinya.

Sourche/Sumber: http://ponorogoweb.blogspot.co.id/2013/03/kebiasaan-kurang-baik-blogger-baru.html#ixzz3wnywl0XU
Link sumber ini jangan dihapus atau anda mau saya laporkan ke KUA !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar